Chat with us, powered by LiveChat

Tiket AirAsia Timbul-Tenggelam di Traveloka dan Tiket.com, Ada Apa?

Tiket penerbangan maskapai AirAsia kembali tidak tersedia di agen perjalanan daring (online travel agent/OTA) Traveloka dan Tiket.com pada Sabtu (2/3/2019). Padahal, hal serupa baru saja terjadi beberapa minggu lalu. Saat hilang di beberapa aplikasi penyedia perjalanan online dua minggu lalu, AirAsia Indonesia sempat mengindikasikan adanya intervensi oleh kompetitor kepada OTA. Direktur Niaga AirAsia Rifai Taberi meyebut, ada perintah dari kompetitor yang bersifat menekan OTA. “Kami melihat adanya indikasi, adanya perintah yang memberikan tekanan kepada OTA,” kata Rifai Taberi seperti dilansir Antara di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Sementara terkait hilangnya tiket mereka saat ini, Head of Communications AirAsia Indonesia Baskoro Adiwiyono yang dikonfirmasi Kompas.com menyatakan telah menghubungi pihak OTA, tetapi tidak ada tanggapan. “Iya. Hilang lagi. Sudah, kami sudah mencoba menghubungi pihak OTA langsung, tetapi memang tidak ada tanggapan atas e-mail, pesan singkat, maupun panggilan telepon kami,” ujarnya, Minggu (3/3/2019).

Sementara Rifai melalui akun Facebooknya mengutarakan hal serupa. Dirinya mengaku kesulitan untuk menghubungi pihak OTA dan mempertanyakan sikap OTA tersebut. “Beberapa upaya komunikasi kami lakukan, tetapi belum ada respons dari pihak terkait. Ditelepon pun tidak menjawab, Mungkin pertanyaan yang lebih tepat, “Ada apa dengan mereka?” ujarnya seperti dikutip dari akun Facebooknya, Minggu (3/3/2019). Rifai menyatakan kecewa dengan sikap kedua penyedia jasa OTA tersebut.

Ditambah pula, pihak OTA hanya memberikan penjelasan birokratis ketika pelanggan mempertanyakan ketiadaan tiket AirAsia. Traveloka ketika dihubungi Kompas.com menyebut sudah menghubungi pihak AirAsia. Namun, PR Manager Traveloka Busyra Oryza mengaku kesulitan melakukan komunikasi dengan AirAsia Indonesia. “Terkait hal di atas (berita kembali hilangnya tiket Air Asia Indonesia), kami juga telah hubungi pihak AirAsia via telepon dan WA, tetapi belum mendapat respons,” ujarnya.

Busyra mengatakan, kerja sama antara Traveloka dan AirAsia Indonesia masih terjalin hingga saat ini meski saat ini tiket AirAsia Indonesia kembali tak bisa diakses melalui Traveloka. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai sebab tidak bisa diaksesnya tiket maskapai Air Asia.

Pasalnya, pihak Traveloka sendiri juga masih melakukan pemeriksaan. “Traveloka bekerja sama dengan lebih dari 100 maskapai penerbangan full service carrier dan low cost carrier termasuk AirAsia. Namun, saat ini AirAsia tidak dapat diakses lewat Traveloka sementara waktu dan kami sedang mengecek dengan tim internal kami terlebih dahulu,” katanya. Semoga ada titik temu atas permasalahan ini sehingga semua pihak, termasuk konsumen, tidak ada yang dirugikan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *